Puncak Geurutee: Keindahan dan Eksotisme Alam Aceh


Puncak Geurutee- Puncak yang satu ini berada tepat diperbatasan dua kabupaten yaitu kabupaten Aceh Besar dan Aceh Jaya. Jika sahabat JalanJalan sudah mengeksplorasi semua wisata yang ada di Aceh besar tidak ada salahnya mampir ke puncang ini. Puncak Geurutee dapat dijangkau dengan kendaraan roda empat maupun kendaraan roda dua dari kota Banda Aceh dengan memakan waktu sekitarsatu setnegah jam saja. Menuju lokasi puncak Geurutee anda harus mengambil jalur menuju kota Meulaboh dari arah kota Banda Aceh. Tidak perlu takut dan ragu sahabat JalanJalan akan sangat menikmati perjalanan menuju puncak ini karena diatas aspal yang mulus anda akan terpesona melihat pemandangan laut dan hutan disebelah kiri dan kanan anda.

Image Credit: duniaistimewa

Sebelum sampai di puncak gunung Geurutee anda akan terlebih dahulu melewati dua gunung yaitu gunung Paro dan Gunung Kulu yang berada dikecamatan Lhoong,Aceh Besar,Aceh. Disepanjang jalan dikecamatan Lhoong, sahabat JalanJalan akan terkesima menikmati pemandangan garis pantai terhampar luas. Barisan-barisan ombak akan menyapu pasir putih yang luas membuat anda rasanya ingin turun untuk menikmati pesonanya.
Image Credit: aceh_serambi_mekkah
Panaroma yang tersaji diatas adalah lukisan alam sebelum anda mulai menaiki jalan menuju pegunungan Gruetee. Jalanan akan dimulai dengan lurus dan berganti dengan tanjakan dan tikungan yang cukup tajam. Saya sarankan jika sahabat JalanJalan masih pemula dalam berkedara jangan paksakan menyetir di rute ini dan bagi yang sudah mahir jangan sampai terkesima dengan keindahan alamnya sampai-sampai sahabat JalanJalan tidak fokus. Jalur ini adalah menuju daerah Aceh Barat, banyak dilalui bagi mereka yang tinggal di kota Meulaboh. Menurut warga, terkenalnya puncak Gruetee ini berawal dari para pemudik atau pelintas yang menuju daerah Aceh Barat. Dari Mulut ke mulut tersiarlah pesona keindahan puncak Gruetee ini sampai-sampai banyaj juga politikus pusat mampir ke puncak Gruetee.
Image Credit: acehcomeback

Sampai di puncak Gruetee anda akan melihat banyak warung warga lokal berdiri disebelah kiri tepat diatas tebing. Memang sih sahanbat JalanJalan perlu was-was dengan pemilihan warung yang ingin disinggahi. Sepengematan saya, bentuk warung ini setenganya berdiri diatas tebing dan setengahnya di bopong oleh kayu. Jika anda pernah ke penatapan di Parapat atau Berastagi begitulah bentuk warung disini. Makan dan minuman yang disediakan tidak terlalu variatif, berupa makanan cepat saji seperti Indomie,Mie Aceh atau Nasi Soto tersedia di warung-warung ini. Jika anda berniat berkunjung saya sarankan datanglah dijam sore supaya tidak terlalu terik dan bisa ketemu matahari terbenam.
Berikut tips dari saya supaya sahabat JalanJalan menikmati bersantai di puncak gunung Gruetee ini:
  • Secangkir kopi akan menjadi pelengkap yang tepat
Image Credit: smuarief_m_ali
  • Puncak Gruetee merupakan spot keren untuk "selfie"
Image Credit: like_aceh

  • Sunset di Puncak Gruetee memberi nostalgia tersendiri bagi anda. Matahari akan terbenam di lautan samudra Hindia
Image Credit: abit.mzn




Comments

Popular Posts