Kuliner Wajib di Banda Aceh, Mie Bardie

Mie Aceh Kepiting dengan Kerupuk dan Acar Bawang(image credit:ciakyuk)
Jika sahabat JalanJalan melancong ke suatu daerah, hal apa yang paling diingat oleh sahabat JalanJalan ? beberapa akan berpendapat pemandangannya, bangunannya atau juga "Makanan Khas"nya. Aceh selain memiliki pesona pantai indahnya ternyata ada juga pesona lainnya yang disimpan oleh tanah rencong ini, yaitu mie-nya yang terkenal seantero Indonesia. Akhir-akhir ini ketika belanja ke sebuah supermarket, di barisan mie instan saya temukan mie instan rasa "Mie Aceh". Dalam hati saya berdecak,"wow seterkenal itukah rasa dari Mie Aceh?". Setelah mengingat-ingat lagi ya benar saja, Mie Aceh se"ENAK" itu. Bumbunya yang khas dan juga mie nya membuat siapa saja akan mudah jatuh cinta dengan rasa yang disuguhkan. Bicara tentang Mie Aceh di tanah muasalnya tentu bukalah perkara mudah, kenapa ? di Aceh terdapat ratusan mungkin ribuan kedai yang menawarkan mie ini, mulai dari kaki lima hingga resto, pasti menawarkan mie ini. Pertanyaan berikutnya, Mie Aceh mana sih yang paling enak ? nah kalau tentang ini saya tidak bisa mempatenkan mie mana yang terENAK, tapi saya mau berbagi tentang sebuah kdai mie yang menurut saya layak untuk kamu coba ketika berada di Banda Aceh, yaitu Mie Aceh Bardi atau orang awam mengenalnya dengan Mie Racing Bardie.
Mie Aceh Udang,Cumi dan daging rusa(Image Credit:wspramono)
Mungkin beberapa sahabat JalanJalan bertanya kenapa ada kata "racing" ? apa ada balapan didalam kedainya ? bukan. hahahah. Sudah menjadi rahasia umum kalau kedai ini memilik "bumbu khusus" yang digadang-gadang sebagai "bumbu lokal"nya orang Aceh. Nah, kita bisa pesan level berapa tuh kekuatan si "bumbu khusus" di mie aceh yang kita pesan. Jika tidak tertarik dengan embel-embel level bumbunya, sahabat JalanJalan bisa memesan Mie Aceh ini dengan bumbu standar. Bagi saya keduanya sama enaknya, tetapi ada sensasi yang berbeda ketika anda menaikkan level bumbu standar ke tingkat tertentu. Rasanya sedikit gerah, pipi saya merah dan mata sedikit berat, sensasi ini saya alami ketika saya pesan Mie Racing level 7. Bagi yang penasaran sensasinya, wajib coba deh! saya jamin sensasinya aman tidak akan seperti yang sahabat JalanJalan fikirkan.
Ada beberapa pilihan mie  dikedai ini yaitu:
  1. Mie rebus
  2. Mie goreng
  3. mie goreng basah atau tumis
  4. Nasi goreng
Image Credit: warungnasi.id
Untuk pilihan campuran mie aceh, anda dapat memilih daging lembu, daging rusa, kepiting,cumi,jamur ataupun telur. untuk minuman standar, dari yang botolan sampai teh manis dingin juga tersedia disini.Untuk harga yang ditawarkan seporsi mie aceh di kisaran Rp40,000, menurut saya sebagai kuliner wajib, wort it untuk dicoba.Jika ingin berkunjung ke kedai ini saya sarankan datang setelah maghrib dan jika memang rombongan tidak salah melakukan booking atau datang dengan cepat.Berlokasi tidak jauh dari pusat kota Banda Aceh anda dapat sampai ketempat ini dengan kendaraan pribadi bahkan juga menggunakan jasa transportasi online, tenang di Banda Aceh baik Gojek atau Grab sudah ada dan di kolom lokasi tujuan dengan mudah menemukan kedai ini. Untuk alamatnya berada di Jl.Residen Danubroto,Lam Lagang,Banda Aceh. Jika anda ingin menelepon ke kedai ini hubungin nomor berikut 085277116735

Comments

Popular Posts