Lhok Mata Ie,Pantai Eksotis di Aceh Besar

Berbicara pantai eksotis yang ada di provinsi Aceh tidak ada habisnya,bisa dikata hampir setiap sudutnya memiliki sisi indah yang layak dijadikan tujuan JalanJalan. Setelah pantai Lhokna juga Lampuuk, kali ini saya mengajak sahabat JalanJalan untuk bertandang ke pantai indah nan tersembunyi di kabupaten Aceh Besar. Aceh Besar tentunya tidak jauh dari pusat kota Banda Aceh, jadi tidak perlu takut karena sahabat JalanJalan tidak akan menghabiskan waktu banyak di jalan menuju lokasi ini. Namanya Pantai Lhok Mata Ie, nama ini dalam bahasa Indonesia artinya "Sumber Mata Air".Namun, bukan berarti tempat ini adalah sebuah kubangan air dari sebuah sumber mata air ditempat tersembunyi. Menurut saya kenapa pantai ini dinamakan demikian karena kejernihan airnya yang teramat bening, mirip seperti di sumber air.
Image Credit: awesomeaceh

Lokasinya lebih tepatnya berada di Gampong Ujong Pancu, Kecamatan Peukan Bada,Kabupaten Aceh Besar. Jika anda bergerak dari pusat kota Banda Aceh hanya dibutuhkan sekitar 30 menit untuk sampai di Ujong Pancu, Setelah sahabat JalanJalan sampai di pantai Ujong Pancu anda harus berjalan menuju. Tips jika anda menuju pantai Ujong Pancu menggunakan kendaraan motor, bertanya saja dengan warga sekitar lokasi untuk memarkirkan kendaraan anda supaya aman tentunya.Nantinya akan ada jalan setapak kecil yang menjadi jalan utama menuju pantai ini,jalan setapak ini berada tepat dikaki pegunungan. Jarak dari awal start jalan setapak ini menuju lokasi sekitar 2 kilometer, lumayan panjang untuk mendapatkan kepuasan mata melihat jernihnya air pantai Lhok Mata Ie. Jika sahabat JalanJalan berjalan santai sambil menikmati suasana hutan, kicauan burung dan jika cukup beruntung anda bisa melihat beberapa monyet di kiri kanan anda,cukuplah menghibur bukan ?. Sekitar 40 menit anda akan mendengar suara hempasan air, yang sayup sayup pertanda sudah mulai dekat dengan pantai. Medan menuju pantai akan berubah sedikit menurun jadi pastikan anda menggunakan alas kaki yang nyaman di segala medan.
Image Credit:awesomeaceh
Pemandangan yang akan menyapa anda akan menghinotis mata anda dan tentunya ingin segera merasakan jernihnya berenang di pantai ini.Jika diamati pantai dengan pasir putih ini tidak memiliki garis atau bibir pantai yang panjang, kurang lebih 50 meter namun ini membuatnya terasa "private" atau beberapa pengunjung mengatakan seperti kolan berengan "pribadi". Di pantai ini banyak terdapat batu karang yang besar, saya sarankan sahabat JalanJalan untuk berhati-hati jangan sampai terluka. Jika berbicara kurangnya tempat ini mungkin tidak pada pantainya namun kepada pengelolan dikarenakan tidak ada akomodasi apapun sehingga pengunjung mau tidak mau harus membawa sendiri perlengkapan dan keperluan. Semoga kedepan pemerintah kabupaten dapat menjadikan hal ini sebagai bagian dari daerah wisata yang harus dijaga dan dioptimalisasi.
Image Credit:infobandaaceh

Comments

Popular Posts