Pantai Lange: Surga Tersembunyi Di Aceh Besar

Image Credit: albar_rusman
Tidak akan pernah bosan dan habis kata jika kita berbicara pantai nan Indah yang berada di Aceh. Mulai dari pantai pasir putih sampai pantai yang lebih mirip seperti kolam pribadi tersedia terbentang di panorama Aceh. Tidak heran jika pertumbuhan wisata Aceh melejit cepat dibanding dengan daerah-daerah lainnya. Wisatanya yang menarik dan unik serta warga lokal yang santun dan arif membuat siapa saja yang datang kesini tidak akan pulang dengan perasaan menyesal. Dari pusat kota Banda Aceh hingga perbatasana ke Kabupaten Aceh Besar seolah tak habis lokasi yang harus di eksplor. Adalah pantai Lange, satu dari puluhan pantai yang harus anda kunjungi di Aceh, terletak di Kabupaten Aceh Besar menawarkan sisi unik dan khas dibanding pantai lainnya yang anda temui di Aceh. Banyak dari mereka mengatakan pantai ini masih sangat jarang tersentuh dari pelancong lokal maupun intersional. Maklum saja, dari pengalaman beberapa orang untuk sampai ketempat ini tidak segampang menjejal pantai Lampuuk atau Loknga, lokasinya yang tersembunyi, medan yang berat dan ditambah setiap pengunjung harus "izin" terlebih dahulu ke warga lokal sebelum menuju pantai ini mampu mengurungkan niat beberapa orang untuk mnegunjungi surga tersembunyi ini. Namun bagi sahabat JalanJalan saya sarankan ini harus masuk dalam daftar wajib melancong anda karena selain hal sulit diatas, itu hanyala segelintir dari keindahan yang akan anda peroleh ketika  bertemu si pantai tersembunyi ini.
Image Credit: dendy_montgomery

Untuk mencapai lokasi yang indah ini, tidak akan sulit jika anda sudah familiar dengan pantai Lhok Nga. Dengan waktu tempuh 20 menit dari pusat kota Banda Aceh, anda bergerak menuju pantai Lampuuk, tepat di gerbang menuju pantai lampuuk anda harus mengamil jalan ke arah Gampong Meunasah Lamgirek. Jika sudah menemukan arah ke gampung/desa tersebut nantinya sahabat JalanJalan akan melihat sebuah rambu bertuliskan Pnatai Lange dan Gunung Lampuuk. Nah,Jika anda sudah melihatnya tentulah sahabat JalanJalan sudah berada di jalur yang tepat. Suasana hutan sepi dan hijau akan menyapa anda sebelum anda masuk ke medan yang lebih menantang adrenalin anda, saran saya, jangan takut dan nikmati saja perjalanan ini, sembari siapkan air mineral untuk melepas dahaga anda. Bukan tampa alasan saya berkata seperti itu, semakin masuk kedalam hutan anda akan mendaki pegunungan Lampuuk dengan kemiringan 45derajat saya pastikan akan membuat anda ngos-ngosan. Namun, dipertangahan jalan anda akan menemukan gubuk bambu untuk beristirahat dan menghela napas sejenak. Tips buat sahabat JalanJalan, karena lokasi ini masih belum tersentuh khalayak ramai, jika ragu silahkan datang bersama teman lokal anda untuk mengindari hal yang tidak baik. Setelah medan yang cukup miring ini, anda akan bertemu medan yang lebih santai, datar namun berliku. Jalur ini seukuran jalan setapak, nampak seperti bekas aliran sungai, lengkap denga batu kecil bertebaran sepanjang jalan. 30 menit anda lalui,kiri kanan banyak pohon maka anda akan takjub melihat betapa memesonanya samudra Hindia. Tentulah pasirnya putih, namun yang lebih memikat mata adalah hamparan rumput hijau yang membentang bertemu dengan pasir putih dan biru laut,sungguh memanjakan mata.

Image Credit: zammilzam_
Sekitar 500 menter pada sebelah kanan pantai ini, anda dapat berjalan diatas batuan yang terlihat bak gulungan pasir digurun pasir. Rapi membentang dan jujur anda akan tidak temukan tekstur batu seperti ini dipantai lainnya di Aceh. Sahabat JalanJalan akan menemukan dua pancuran air yang vertikal dari dasar batuan memancar ke langit setiap kali deburan ombak datang menghempas. Jika tidak ada pasang, anda dapat berenang dipantai ini menyapa biota lautnya yang indah mulai dari ikan karang sampai landak laut.
Image Credit: dendy_montgomery

Comments

  1. waah asli ini surga tersembunyi, tampatnya indah. Thanks for share min, jangan lupa mampir ya http://bit.ly/2JNya8h

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts