Wajib Coba :Kuah Plik U Khas Aceh,Sedap !!!

Kuah Plik U Dengan Sayuran Nangka,Kacang Panjang dan Pepaya
Image Credit: rmkaknaimah

Kuah Plik U- Sekilas mendengar nama dari makanan satu itu kita pasti membayangkan makanan khas yang rumit dan ekstrem. Ternyata tidak, Plik U tidaklah se"aneh" namanya, malahan Kuah Plik U adalah salah satu makan khas yang melegenda dan penuh manfaat untuk kesehatan. Seperti makanan khas Aceh lainnya, Kuah Plik U atau Gulai Plik U ini memakai kuah santan untuk meningkatkan gurihnya ketika disantap dengan nasi hangat. Nyess... begitulah sensasinya ketika kuah gurih ini menyatu didalam mulut penikmatnya, campuran kesegaram dari rempah seperti kunyit,ketumbar,jintan,cabai merah dan hijau,daun jeruk dan tentunya bumbu khusus "pliek". Bagi sahabat JalanJalan kata "Pliek" mungkin terdengar asing, baiklah saya akan terangkan apa itu pliek supaya sahabat JalanJalan bisa menemukan sisi khas dari makanan ini.
Pliek atau bisa juga disebut Patarana merupakan bagian dari daging kelapa yang dimana minyak kelapanya sudah habis diperas.Sejatinya memang daerah aceh timur dianugrahi lahan perkebunan kelapa yang melimpah, dimana hasilnya diolah oleh warga menjadi minya kelapa atau disebut "Minyeuk Reutik". Kelapa Sisa pembuatan minyak ini kemudian dijemur dan dibiarkan terfermentasi sendirinya sehingga menimbulkan aroma khas yang menjadi ciri Plik U. Setelah Plik benar-benar kering maka siap diolah untuk diambil kuahnya dicampur dengan sayur seperti kacang panjang,nangka dan terong hijau.
Kuah Pliek U Dengan Isian Cu
Image Credit: papahgadrie

Cara penyajiannya pun berbeda-beda tergantung selera dari peracik, karena ada beberapa warung nasi yang menjaikan kuah plik u tampa menyertakan ampas plik dan ada juga dengan menyertakan ampas plik nya.Namun, dua-duanya tetap memberi rasa gurih dan sedap bagi penikmat makanan ini. Cara terbaik untuk menikmati nikmatnya kuah plik u adalah anda menyantapnya dengan nasi yang hangat dan jangan lupa sediakan ikan asin, saya jamin sahabat JalanJalan akan lahap. Tips menikmati kuah Plik U ini dari saya, usahakan memakan dan menyajikannya ketika kuah masih hangat dan pastikan bahan-bahan seperti nangka dan buah melinjo sudah direbus terlebih dahulu supaya ketika anda santap tidak keras dan susah ditelan. Menurut kepercayaan lokal, kuah plik u baik untuk meningkatkan gairah kaum adam dan hawa, serta mampu meningkatkan kekebalan tubu penikmatnya. Jadi, sahabat JalanJalan harus nih makan kuah plik u ini ketika sudah berada di Banda Aceh, dibeberapa rumah makan yang sebelumnya sudah kita bahas menu ini disediakan juga.
Kuah Plik U Dengan Isian Udang
Image Credit: papahgadrie


Comments

Popular Posts