Kuliner Wajib Banda Aceh:Ayam Tangkap RM. Hasan

Image Credit: nomnommedan
Berbicara tentang makanan yang bisa menggoyang lidah tentunya Aceh adalah salah satu pusat dari makanan dengan cita rasa gurih yang mana jika sahabat JalanJalan mencicipinya akan ketagihan. Sebelumnya kita sudah "mencicipi" mie aceh yang terkenal di kota Banda Aceh (jika belum baca, klik link berikut: KULINER WAJIB DI BANDA ACEH, MIE BARDIE. Kali ini kita akan bahas tentang salah satu rumah makan legendaris yang harus masuk list "Must Try" anda. Namanya rumah makan Hasan, ya namanya memang tidak seperti kedengaran bahasa Aceh atau familiar ditelinga Anda, namun soal rasa, rumah makan ini punya "taste" tersendiri dilidah penikmatnya.
Warung nasi ini pertama kali didirikan oleh Pak Hasan di tahun 1989, dari nama beliau didirikanlah warung nasi yang khusus menjual makanan dengan konsep kuliner khas Aceh. Maka jangan heran jika di rumah makan ini akan kebanyakan anda temui makanan khas Aceh dan tentunya lemak sekali alias gurih santan. Karena rasa tidak pernah berbohong, rumah makan ini sudah membuka 2 cabang lainnya tentunya karena rasanya digemari oleh masyarakat lokal bahkan tourist. Untuk saat ini sudah ada rumah makan Hasan 1, 2 dan 3 dan semuanya bisa anda jangkau karena berada disekitaran kota Banda Aceh.
Image Credit: viena_

Menu paling terkenal di tempat ini adalah "Ayam Tangkap". Jika mendengar menu yang satu ini mungkin sahabat JalanJalan tidak akan asing lagi karena memang dikota-kota besar lainnya menu ini sudah ada. Nah bagaimana rasa "Ayam Tangkap" ini ? mungkin tidak bisa digambarkan dengan kata, namun bagi saya atau jika anda membaca review dari orang lain, Ayam Tangkap pak Hasan bisa jadi masuk dalam daftar makanan paling enak versi anda. Disajikan dengan daun kari atau daun temuru potongan ayam dengan rasa gurih yang baru saja  digoreng akan membuat anda kalap di meja makan. Sahabat JalanJalan mungkin penasaran kenapa dinamai dengan sebutan "Ayam Tangkap" kenapa tidak ayam goreng saja karena adanya memang digoreng seperti ayam lainnya. Usut punya usut, disebut dengan ayam tangkap karena potongan ayam yang disajikan bersembunyi di bawah daun kari yang ikut tersaji, jadi ketika terlihat oleh mata, ya langsung ditangkap. Kedengaran lucu tapi memang begitu cerita dari mereka yang tinggal di Aceh ini :-D.
Image Credit: wspramono

Dirumah makan ini juga tidak hanya tersedia ayam tangkap ada juga menu lainnya seperti gulai ikan, gulai kambing, gulai pisang, ikan bakar, udang, sayuran seperti urap dan sambal. Rumah makan ini buka dari jam 11 siang sampai dengan pukul 21:00 malam. Jika anda datang dijam makan siang pastikan anda datang cepat untuk kebagian tempat duduk untuk makan. Jika memang anda tidak kebagian tempat makan, anda dapat menuju rumah makan Hasan cabang lainnya.
Rumah makan Hasan 1:Landom, Kec.Lueng Bata,Kota Banda Aceh
Rumah makan Hasan 2:Jl.Dr.Mr.T.Muhammad Hasan,Batoh,Aceh Besar
Rumah makan Hasan 3: Jl.prof.Ali Hasyimi,Pango Raya,Ule Kareng

Comments

Popular Posts