Pantai Lampuuk,Wisata dan Pesona Keindahannya

Tidak jarang wisatawan yang sedang berjalan-jalan ke Aceh mendapat sebuah "keharusan" untuk menapakkan kakinya di pantai ini. Rasanya seperti tidak afdol jika tidak menilik indahnya pantai yang menjadi kebannggan masyarakat Banda Aceh ini. Pertama kali saya ke Aceh, saya langsung diboyong oleh rekan sekantor untuk menikmati makan siang di sebuah kafe di pinggir pantai Lampuuk. Kata pertama yang keluar didalam benak saya adalah, Indah benar ini pantai. sampai saat ini saya mengetikkan kalimat di blog ini saya masih bisa mengingat dengan jelas, birunya lautan membentang, pasirnya yang putih halus dan deburan ombak berbaris menuju garis pantai. SEMPURNA.
Source Image: @hermansyah

Hanya 30 menit dari pusat kota, atau dari Masjid Baiturrahman, kamu sudah bisa sampai ke pantai ini.Jika tidak melakukan perjalanan dengan orang lokal/guide, saya sarankan anda untuk menggunakan google maps. tenang saja, karena ini sudah menjadi spot favorit tentunya tidak akan bingung. Jalan menuju pantai ini tidak besar namun sudah di aspal dengan baik, sepanjang kiri-kanan akan banyak pamflet guest house yang berlokasi dekat dengan pantai. Jangan heran jika diantara guest house anda akan ketemu tourist yang sedang bersiap-siap dengan papan surfnya menuju pantai yang sama.
Sebelum anda memasuki pantai, anda dan rombongan akan berhenti terlebih dahulu di gerbang bertuliskan "Selamat Datang di Pantai Lampuuk". Dititik ini anda akan membayar retribusi untuk penataan daerah wisata, untuk retribusi akan dihitung berdasarkan jumlah orang yang memasuki daerah wisata. Harga yang ditawarkan sangatlah murah dan terjangkau, anda hanya perlu merogoh kocek anda Rp5000/orang dan anda sudah aman untuk menikmati wisata ini.
Akan banyak terlihat gazebo di pinggir pantai, anda hanya perlu memilih dimana anda ingin menikmati keindahan pantai ini. Pasir putih dan halus adalah kelebihan pantai ini dibanding pantai yang ada di kota Lhokseumawe( https://kujanjalan.blogspot.com/2019/09/sunset-di-ujong-blang.html )

Di pantai Lampuuk anda bisa menghabiskan waktu dengan mandi di bibir pantai karena tingkat kedalamannya tidaklah dalam jadi sangatla aman.Banyak wisatawan biasanya bermain pasir juga di bibir pantai ini sambil sesekali menyemplungkan diri di dinginnya air pantai.Beberapa juga wisatawan duduk santai dengan ditemanin minuman segar dan snack ringan, bercengkrama dan menikmati indahnya pantai ini. Tips dari saya jika anda ingin menikmati pantai ini dengan suasana yang tidak terlalu ramai, maka anda harus datang lebih awal namun disisi lain anda harus bisa nyaman dengan suasana yang lebih panas jika dibanding sore.Jangan lupa mempersiapkan sunblock ataupun pakaian renang yang tertutup ataupun anda mambawa topi yang cukup menutupi kepala dan muk anda dari terik matahari. Jika anda datang di sore hari tentu akan lebih ramai, karena ini waktu terbaik untuk menikmati pantai dengan cuaca yang tidak terlalu panas dan ditambah bonus sunset.

Uniknya disini, anda juga bisa menikmati indahnya pantai sambil menunggangi kuda yang jinak. alih-alih kaki anda basah dan berpasir, anda akan merasa seperti robin hood yang menaiki kuda dengan gagah menatap ke laut lepas. Anda tidak perlu takut kerena kudanya sudah jinak dan anda akan ditemani sang pemilik kuda untuk berkeliling pantai ini.
Image credit: @ombrue
Image credit: @dian_indasari
Untuk sunset di pantai ini, secara pribadi menurut saya adalah pantai dengan spot terindah di Aceh yang pernah saya temukan. Pantai ini memiliki keuinikan sendiri dibanding sunset dipantai-pantai daerah lain. Tidak heran waktu sunset yang berlangsung mulai pukul 18:20 memberikan degradasi warna yang jingga kemerahan. Puas bermaind dengan kejaran ombak, atau mungkin anda pulas dengan sepoinya angin pantai, tapi tidak akan lengkap jika anda meninggalkan pantai ini tampa sejenak menikmati detik-detik sang mentari kembali keperaduaan di ufuk paling barat Indonesia.

Comments

  1. Waaah pemandangannya, sangat indah. Thanks for share, kunjungi juga http://bit.ly/2ksETL1

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts